Lompat ke isi utama

Berita

Peningkatan Pengelolaan Konten Media Sosial melalui Desain Grafis

BANDUNG - Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (Bawaslu Jabar) gelar kegiatan Rapat Peningkatan Pengelolaan Kehumasan dengan tema “Peningkatan Pengelolaan Konten Media Sosial Bawaslu melalui Desain Grafis Tahun 2023” pada Kamis (19/10). Sebagai perwakilan Kota Cirebon menghadirkan Anggota Bawaslu Kota Cirebon, Nurul Fajri, S.Pd.I., M.I.Kom. serta Staf Humas Febrian Ramadhan Nugroho, S.Kom. Acara dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Zacky Muhammad Zam Zam, S.Psi., M.M.Pd. yang memberikan arahan terkait pentingnya kerja-kerja kehumasan. “Sebagai wajah terdepan yang menampilkan citra lembaga merupakan tugas berat rekan-rekan humas. Dengan menunjukan citra positif kerja-kerja yang telah dilakukan kepada publik”, jelasnya.

Sementara arahan lebih mendalam yang disampaikan oleh Muamarullah, S.Sos.I. selaku Kordiv. Humas, Data dan Informasi memberikan paparan materi pengelolaan kehumasan. Sebagaimana tugas pokok dan fungsi divisi humas terdapat 4 poin seperti: 1. Pengelolaan pemberitaan dan publikasi serta media monitoring; 2. Perencanaan, pemantauan, dan evaluasi kehumasan; 3. Menjalin, mengelola, mengembangkan, humas & Kerjasama antarlembaga; 4. Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kerja humas. “Pelayanan informasi yang berkualitas dapat meningkatkan rasa percaya publik terhadap Lembaga Bawaslu”, tegasnya.

Pada kesempatan ini, Bawaslu Provinsi Jawa Barat menghadirkan narasumber yang merupakan Content Creation serta Dosen yang aktif di media sosial, Syammas P. Syarbini. Ia memberikan pemahaman seputar fitur-fitur yang bisa digunakan di Canva. Terdapat sejumlah kategori serta template yang bisa digunakan secara gratis. Selain memberikan pemahaman secara lisan, ia juga langsung mempraktikkan secara langsung penggunaan Canva. Sebelum acar ditutup para peserta diminta membuat kreasi desain secara cepat dengan menggunakan Canva. “Bukan persoalan menggunakan software apa, namun bagaimana kita bisa memberikan rasa tertarik kepada orang yang melihat konten grafis yang kita buat”, tutupnya. .(Febrian Ramadhan Nugroho)

Editor: Febrian Ramadhan Nugroho