Lompat ke isi utama

Berita

Totok: Panwascam Bisa Jadi Juru Damai

Totok: Panwascam Bisa Jadi Juru Damai

**Rakernis Bawaslu PSAP Gelombang I Ditutup

MAKASSAR - Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Antar-Peserta dalam Pemilu, ditutup Koordiv PS Bawaslu RI Totok Hariyono, Selasa (17/10). Dihadiri juga oleh Karo Penyelesaian Sengketa Harimurti Wicaksono dan Tenaga Ahli Dr. Abdullah, Ketua Bawaslu Sulawesi Selatan Dr. Mardiana Rusli, Koordiv PS dari sejumlah Provinsi termasuk Koordiv PS Bawaslu Jabar Drs. Harminus Koto, M.I.Kom.

Dalam sambutannya, Totok Hariyono menyampaikan bahwa melalui kegiatan yang melibatkan peserta dari beragam daerah agar satu sama lain saling mengenal. "Sebagaimana pesan Bung Karno bahwa Pemilu ini jadikan sebagai sarana persatuan. Momentum raker bersama ini momen yang jarang. Jadi ayo ikatkan batin kita dengan saudara-saudara sesama pengawas pemilu," katanya.

Dijelaskan Totok, PSAP ini menjadi sarana untuk menjadi juru damai yang terjadi di bawah baik antar desa maupun antar suku. Melalui kegiatan ini, Bawaslu yang diberi mandat untuk mendamaikan antar peserta. "Kalau sengketa antar peserta dengan penyelenggara ada adjudikasi sedangkan antar peserta melalui musyawarah dan melalui putusan yang dilindungi undang-undang," paparnya seraya menambahkan bahwa hasil kerja panwascam ini dapat dipertanggungjawabkan jika ada sidang di Mahkamah Konstitusi.

Ditambahkan Totok agar seluruh pengalaman dalam rakernis ini agar diteruskan ke tingkat kecamatan. "Semoga ilmunya dapat diamalkan di lapangan sehingga bisa mencegah terjadinya konflik dalam pemilu," imbuhnya. Sebelumnya dilakukan praktik simulasi PSAP yang dibagi beberapa kelas dengan studi kasus antar peserta pemilu di tahapan kampanye. (MJ/Bawaslu Kota Cirebon)

Editor: Febrian Ramadhan Nugroho